Subscribe RSS Join our Facebook Group Follow us on Twitter!
in Search

Robby Awaludin

Menggunakan Formula Financial Ms.Excel

 

Setelah sekian lama akhir nya ada waktu untuk nge blog lagi,pada tulisan saya kali ini ingin berbagi ilmu tentang Microsoft Excel yaitu Menggunakan formula financial yang dimana biasa digunakan untuk melakukan perhitungan jumlah pembayaran suku bunga yang ada pada bank.mungkin rumus seperti ini sudah banyak  beredar di buku-buku komputer maupun blog-blog di internet,namun anggap saja ini adalah tulisan saya yang semoga bisa

bermanfaat bagi siapa saja yang membaca nya.

baik untuk langkah awal  nya buka microsoft excel,lalu buat tampilan seperti dibawah ini(saya asumsikan bahwa pembaca sudah dapat mendesain layout tersebut,konten angka dapat dimasukkan sesuai selera)

1

pada studi kasus kali ini menggunakan formula PMT,yang dimana dapat dimanfaatkan untuk menghitung besar nya cicilan perbulan pada suatu pinjaman..

kita lihat tabel,dalam beberapa kolom kita sudah melihat beberpa variabel-variabel angka yang sudah kita tentukan sebelum nya.arahkan kursor ke kolom D5 lalu aktifkan function wizard.

setelah itu muncul kotak insert function,untuk mencari fungsi PMT ketikkan PMT lalu klik go

2

ada 4 kolos dmina 3 diantara  nya wajib diisi dan 2 sisa nya befsifat opsional

3

pada kolom Rate isikan C5 /12 yang arti nya suku bunga untuk satu tahun dibagi 12 bulan untuk mendapatkan bunga perbulan.

pada kolom Nper isikan B5*12 yang arti nya janka waktu tahun dibagi 12 bulan untuk mendapatkan jangka waktu dalam bulan.

pada kolom pv masukkan A5 yang artinya besar nya pinjaman lalu diakhiri dg klik ok

4

ternyata rumus yang dihasilkan negatif atau pun minus sehingga warna tulisan berwarna merah,hal ini sisebabkan rumus PMT dikhususkan

untuk pihak pemebri pinjaman yaitu bank,oleh akrena itu untuk merubah hasil nya menjadi positif perlu kita modifikasi sedikit rumus nya dengan menambah kan tanda –(minus pada awal rumus)

5

6

untuk mencari hasil totalpengembalian peminjaman cara ya arahkan kursor ke kolom E5 lalu masukkan rumus =B5*D5*12

yang berarti jumlah angsuran perbulan dikali dengan jumlah tahun kemudian diganti dengan 12 bulan.

maka akn didapatkan total pengmbaliab dana baik poko maupun bunga

7

lalu untuk mengetahui berapa total bunga yang harus dibayarkan kepada bank dengan mengurangi jumlah total pembayaran dengan besar nya pinjaman. cara nya arahkan kursor ke kolom F5 lalu masukkan rumus=(arahkan kursor ke kolo, E5 – kursor ke kolom A5 ) lalu tekan enter

 

8

sekian sahre yang sangat sederhana semoga bermanfaat Smile

388 Views, 0 Comment(s), Published on: 04-18-2012 20:05 by RobbyAwaludin to Robby Awaludin
| More

Comments

No Comments