Subscribe RSS Join our Facebook Group Follow us on Twitter!
in Search

Talkie Technie

Livelife! as Microsoft Student Partner

Zaman Sharing Dokumen

Manusia mulai ketergantungan internet, apalagi yang ngakunya manusia modern. Semuanya serba internet, tugas dan kerjaan semuanya manfaatin internet. Kira-kira kalo internet di dunia tiba-tiba mati, apa kabarnya manusia-manusia modern itu? Hehehe.. pasti kelimpungan gara-gara mendadak go back to nature. Orang kalo ISP-nya down, langsung kelabakan kok :P

Ooops, kayaknya malah ngelantur...

Sebenernya di sini niatnya mau kasih tahu kalo sekarang ada cara yang lebih gampang buat kirim-kiriman dokumen. Ini bermanfaat banget buat kerja kelompok. Dulu kita kenal e-mail, surat-suratan di internet. Iya kan? Habis itu di e-mail ini kita bisa ngirimin dokumen. Nah, sampai sekarang ngirimin dokumen itu masih aja dilakukin pakai attachment. Iya gak? Siapa yang udah gak pernah pakai attachment? Kayaknya masih pada pakai.

Ternyata sekarang, ada cara lain untuk kirim-kiriman dokumen. Lebih tepatnya bukan kirim-kiriman sih, tapi berbagi dokumen. Jadi kita tinggal kirim link menuju dokumen itu. Kenapa bisa kayak gini? Karena sekarang kita bisa nyimpen dokumen di internet (kita gak tahu data itu disimpen di mana sebernernya). Dokumen yang kita simpen itu, bisa kita bagi ke temen-temen kita ataupun orang lain. Cara ini udah lama ada, tapi masih belum begitu banyak yang tahu dan ngerti tentang hal ini.

Untuk hal ini, Microsoft kasih solusi untuk sharing dokumen dengan adanya Office.com dan SkyDrive. Kita bisa ngerjain dokumen kita kayak pakai Microsoft Office yang di desktop tapi kita gak perlu nginstall dan tinggal pakai. Browse aja Office.com, dan cuuuuuusss pakai Office web apps di situ. Kita bisa bikin file document, excel, powerpoint, sama onenote. File yang kita buat di situ disimpen di SkyDrive dan bisa kita share ke orang lain.

Jadi gini, ada banyak alternatif cara buat bikin file online itu. Salah satunya bisa buka Office.com lalu pilih apps-nya. Kita harus langsung nge-save (nyimpen) file itu di SkyDrive. Kalo kita udah sign-in di SkyDrive, kita bisa langsung tulis nama filenya terus klik "Create".

Habis itu kita bisa langsung ketik-ketik, tulis-tulis.. apapun yang kita tulis akan langsung disimpen.

Setelah selesai, kita set masalah "sharing"-nya. Mau kita share enggak. Kalo mau di-share, sama siapa aja dan mereka bisa ngapain: liat aja atau bisa ngedit juga.

Dibandingin sama attachment, sharing dokumen online akan lebih praktis. Kita bisa buka dokumennya dimana aja dan kapan aja selama ada internet dan browser, dan gak perlu repot download filenya. Kan kalo di-attach kita harus download dulu baru bisa ngapa-ngapain. Selain itu ngirit harddisk kita juga.

Hak kita buat pakai cara yang mana, attach atau share. Masing-masing punya poin pertimbangannya sendiri. Saran aja nih, pakai sesuai kebutuhan dan perhatiin keamanannya.

 

 

Cheers,

Bramasti Pramudyawardani | MSP Reg. DIY-Jateng

297 Views, 0 Comment(s), Published on: 02-27-2012 0:20 by asti to Talkie Technie
| More

Comments

No Comments